Friday 25 November 2016

Anantadewa


Anantadewa


Anantadewa adalah dewa berujud tatsaka atau naga. Ia putra naga jin bernama Anantawisesa dari perkawinannya dengan Dewi Sayati, putri Sanghyang Wenang dengan Dewi Saoti. Anantadewa mempunyai saudara kandung yang juga berujud naga bernama Anantaswara.
Sebagai cucu langsung Sanghyang Wenang dan putra naga jin yang sangat sakti, Anantadewa juga memiliki berbagai ilmu kesaktian. Selain dapat berubah wujud menjadi apa saja sesuai dengan kehendaknya, ia juga memiliki ilmu andalan berujud gumpalan-gumpalan api yang keluar dari mulutnya tanpa putus, yang daya kekuatannya dapat menghanguskan, menghancurkan dan melebuir apa saja.
Dari perkawinannya dengan peri daya cipta Sanghyang Wenang dari gumpalan tanah, Anantadewa mempunyai seorang putra yang berujud naga yang diberi nama Anantanaga, yang setelah dewasa menikah dengan Dewi Wasu, putri pamannya sendiri, Bathara Anantaswara. Perkawinan antara Anantanaga dengan Dewi Wasu melahirkan Anantaboga. Dari sinilah awal mula lahirnya bangsa Tatsaka atau Naga.

No comments:

Post a Comment